Kamis, 28 Maret 2013

MANFAATKAN KESEMPATAN

Sutejo
Seputar Ponorogo

Salam sukses dan luar biasa buat Anda!

Orang yang sukses adalah mereka yang mampu memanfaatkan kesempatan! Seringkali orang gagal mengatakan karena mereka tidak memiliki kesempatan. Argumen ini kelihatannya benar, tetapi secara filosofis, mutlak salah. Bukankah waktu yang dimiliki manusia sama, 24 jam sehari?

Anda memiliki kesempatan yang sama menonton acara  motivasi  Mario Teguh di salah satu stasiun televisi Indonesia. Anda memiliki kesempatan yang sama untuk bisa belajar pada guru-guru motivasi macam Andre Wongso, Purdi Candra, dan Adi W Gunawan.

Bahkan, baginda nabi Muhammad adalah motivator wahid yang orang sering lupakan. Bukankah baginda nabi adalah pengusaha sukses? Seorang pemimpin besar yang humanis dan teladan keluarga yang berhasil? Coba kita ingat belasan abad lampau, nabi pernah memotivasi kita dengan ungkapan, “Sebaik-baik amal yang disukai Allah adalah sedikit tetapi yang berkesinambungan.”

Pernahkah kita membayangkan bahwa ungkapan ini adalah energi dinamis, hukum kuadrat, tangga kesuksesan yang mengantarkan kita ke puncak impian? Amal atau perbuatan yang dilakukan secara berulang dan berkesinambungan akan melahirkan kemahiran dan peningkatan yang luar biasa.

Kemahiran hanyalah hukum kali dari perbuatan. Bayangkan pertama kali Anda belajar naik sepeda, semakin sering anda berlatih, semakin mahir. Awalnya begitu susah. Tetapi setiap kali jatuh, Anda bangun untuk mengayuh lagi jadilah Anda mahir naik sepeda. Ujungnya, bisa menaiki sambil bernyanyi, menoleh, bahkan sambil ber-sms.

Coba jika motivasi belajar sepeda Anda pindah untuk sebuah keterampilan tertentu yang Anda impikan, lakukan berulang, berkesinambungan, maka dipastikan Anda akan mahir di bidangnya.

Dalam teori motivasi dikenal, jika Anda melakukan sesuatu kegiatan selama 10.000 jam, maka Anda tidak ada pesaingnya. Karena kemahiran Anda luar biasa! Jika Anda menyediakan waktu 3 jam/hari untuk sebuah keterampilan maka dalam waktu 10 tahun Anda sudah memetik puncak kemahiran. Kemahiran artinya kesuksesan. Maaf, saya mengawali menulis sebuah rumah kontrakan di Malang 25 tahun lalu, kemudian diikuti sahabat dekat saya, Masuki M. Astro, kini sukses jadi wartawan Antara.

Jika Anda mengikuti apa yang dilakukan Thomas Edison, yang memanfaatkan waktu 12-14 jam/hari, maka tiga tahun kemudian Anda dipastikan sukses memetik impian kemahiran!

Sukses sesungguhnya adalah hukum kali dari sebuah pemanfaatan kesempatan. Kesempatan dengan sendirinya adalah waktu. Waktu yang dimiliki semua orang sama. Di sinilah, sampai-sampai Tuhan bersumpah “demi waktu”. Imam Ghazali pernah bertanya kepada muridnya, “Apa yang paling jauh?” Semua murid menjawab, langit, mendung, gunung, dan kota-kota yang dia kenal. Kemudian, Ghazali, tersenyum sambil berkata, “Waktu, karena ketika berlalu, kamu tak mungkin dapat mengejarnya.”
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Afifah W. Zhafira Afifah Wahda Tyas Pramudita Andry Deblenk Anugerah Ronggowarsito Apresiasi Prosa (Mencari Nilai. Memahami Fiksi) Apresiasi Puisi (Memahami Isi Mengolah Hati) Berita Budaya Cara Mudah PTK (Mencari Akar Sukses Belajar) Catatan Cerpen Cover Buku Djoko Saryono Esai Filsafat Ilmu Gatra Gerakan Literasi Nasional Gufron Ali Ibrahim Happy Susanto Inspiring Writer (Rahasia Sukses Para Penulis Inspirasi untuk Calon Penulis) Jurnalistik 2 (Kiat Menulis Resensi. Feature dan Komoditas Lainnya) Jurnalistik Plus 1 (Kiat Merentas Media dengan Ceria) Kajian Prosa (Kiat Menyisir Dunia Prosa) Kajian Puisi (Teori dan Aplikasinya) Karya Darma Kasnadi Kliping Kompas Literasi Literasi Budaya Majalah Dinamika PGRI Makam Sunan Drajat Masuki M. Astro Memasak Menemukan Profesi dengan Mahir Berbahasa Menulis Kreatif (Kiat Cepat Menulis Puisi dan Cerpen) Merdeka Mesin Ketik Metafora Kemahiran Menulis Nur Wachid Nurel Javissyarqi Obrolan Orasi Ilmiah Ponorogo Pos Prof Dr Soediro Satoto Puisi Radar Madiun Resensi S. Tedjo Kusumo Sajak Sapta Arif Nurwahyudin Sekolah Literasi Gratis Senarai Motivasi Senarai Pemikiran Sutejo (Menyisir Untaian Kata. Menemukan Dawai Makna) Seputar Ponorogo Sidik Sunaryo SMA 1 Badegan Ponorogo Soediro Satoto Solopos Sosiologi Sastra (Menguak Dimensionalitas Sosial dalam Sastra) Spectrum Center Stilistika (Teori. Aplikasi dan Alternatif Pembelajarannya) STKIP PGRI Ponorogo Suara Karya Sugiyanto Sujarwoko Sumarlam SuperCamp HMP 2017 Surabaya Post Surya Sutejo Suwardi Endraswara Swadesi Teknik Kreativitas Pembelajaran Tengsoe Tjahjono Tri Andhi S Wisata Workshop Entrepreneurship Workshop Essay Budaya

Sutejo, Sang Motivator

Maman S Mahayana, Sutejo, Kasnadi di Jakarta

Sutejo & Hamsad Rangkuti di Jakarta

Sutejo dan Danarto di Jakarta

Maman S Mahayana di STKIP PGRI Ponorogo